Sabtu, 17 November 2012

obat kutil


Kutil dalam ilmu kedokteran disebut dengan papiloma atau veruka. Papiloma atau sejenis tumor kecil namun tumor jinak yang tumbuh pada kulit tubuh yang berasal dari pertumbuhan atau penebalan lapisan kulit luar yang berlebihan dan tidak normal. Kutil memiliki bentuk dan rupa yang bervariasi ada kutil yang berukuran keciil, adapula yang berukuran besar.
Kutil jika awal pertumbuhan dalam ukuran yang masih kecil tidak menimbulkan rasa sakit atau nyeri sama sekali, namun bila kutil berkembang biak dan menjadi besar seperti bunga kol. Kutil dapat menyebabkan rasa sakit. Hal ini disebabkan oleh lapisan kulit dalam (kutil) mengandung bakteri, kumpulan kuman, jamur dan dapat membuat kulit menjadi lecet atau infeksi jika kutil tersebut lecet, tergores atau di bedah untuk menghilangkan kutil.
Kutil atau veruka atau papiloma
Kutil umumnya banyak ditemukan pada usia anak-anak dan jarang sekali ditemukan pada orang dewasa. Hal ini disebabkan oleh pada usia balita atau anak-anak pertumbuhan hormon terus berjalan dan pada usia balita atau anak-anak rentan dengan serangan penyakit dan perubahan bentuk tubuh maupun kulit atau dapat dikatakan menderita suatu kelainan pada pertumbuhan tubuh termasuk kulit tubuh.
Kutil tidak hanya ditemukan pada satu tempat saja, kutil juga dapat menyebar di bagian tubuh lainnya, namun kutil bukan lah penyakit kulit yang menular. Kutil dapat tumbuh di bagian tangan, organ kelamin, telinga, kaki dsb. Namun ada jenis kutil yang cukup berbahaya yakni kutil kelamin yang dapat ditularkan kepada orang lain.
Penyebab Kutil
Penyakit kutil diketahui disebabkan oleh bakteri atau virus Human Papiloma (HPV) yang memiliki lebh dari 60 jenis HPV menular dan tidak menular.
Gejala Kutil
Kutil memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda, ada yang kecil dan ada pula yang besar. Jika kutil membesar bentuk dan ukuran seperti bunga kol. Namun ukuran kuitl dipengaruhi oleh bakteri atau virus penyebab dan letak lokasi kutil itu berada. Kutil yang baru tumbuh kecil tidak menimbulkan atau menyebabkan rasa sakit atau nyeri. Kutil juga dapat tumbuh besar dan kemudian akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri karena mengiritasi urat syaraf dan dapat menyebabkan infeksi.
Kutil ada tumbuh secara terpisah dan adapula yang tumbuh dalam bentuk kelompok atau yang disebut dengan kutil mosaik. Beberapa diantara mereka yang memiliki kutil yang mengganggu penampilan akan melakukan suatu tindakan pembedahan untuk membuang dan menghilangkan kutil dengan operasi atau pengelupasan kutil.
Macam-macam kutil
1. Kutil yang biasa (veruka vulgaris)
Kutil biasa umumnya ditemukan dan tumbuh di jari tangan, di sekitar kuku (kutil periungual), lutut, wajah dan kulit kepala. Kutil yang tumbuh di bagian tubuh tersebut tidak pernah berubah menjadi keganasan.
2. Kutil atau veruka plantaris
Kutil ini biasanya tumbuh di telapak kaki dan bentuknya biasanya mendatar. Kutil plantaris ini diakibatkan oleh penenkanan dan dikelilingi oleh kutil yang tebal. Veruka plantaris cenderung mengalami perdarahan berupa bintik-bintik kecil kecil apabila disayat dengan pisau bedah.
3. Veruka filiformis merupakan kutil yang bentuknya memanjang, yang biasanya ditemukan di kelopak mata, wajah, leher atau bibir.
4. Kutil datar sering ditemukan pada anak-anak dan dewasa muda, biasanya tumbuh dalam suatu kelompok bintik-bintik halus berwarna kuning-coklat di wajah.
5. Kutil genitalis (kondiloma akuminata) adalah kutil lembab yang ditemukan di daerah kemaluan. Virusnya ditularkan melalui hubungan seksual.
Solusi untuk menyembuhkan dan menghilangkan kutil / Mata Ikan
Kutil dapat disembuhkan dan dihilangkan dengan cara yang cukup mudah tanpa harus melakukan pembedahan atau operasi yang dapat meninggalkan bekas kutil.
Cara menggunakan Plester Obat Kutil/Mata Ikan :
- Bersihkan kutil/mata ikan terlebih dahulu
- Buka perekat dibagian kanan dan kiri plester cina obat kutil/mata ikan, kemudian rekatkan plester cina obat kutil/mata ikan tersebut pada kutil.
- Diamkan selama 1 malam, usahakan jangan sampai terkena air.
- Ganti plester 1-2 hari sekali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar